BUDIDAYA IKAN

Pengertian Budidaya Ikan Konsumsi – Budidaya adalah Usaha yang bermanfaat dan memberi hasil, suatu sistem yang digunakan untuk memproduksi sesuatu dibawah kondisi buatan.sedangkan untuk Budidaya ikan sendiri adalah salah satu bentuk budidaya perairan yang khusus membudidayakan ikan baik itu dikolam atau tempat lainnya guna untuk menghasilkan bahan pangan, ikan hias, dan rekreasi (pemancingan). 

Pengertian Ikan konsumsi adalah jenis-jenis ikan yang lazim dikonsumsi sebagai pangan oleh manusia. Ikan konsumsi dapat dikelompokkan berdasarkan habitat hidup jenis-jenis ikan yaitu dari laut dan dari perairan di darat. Ikan konsumsi juga dapat dikelompokkan berdasarkan upaya memperoleh ikan tersebut seperti penangkapan langsung dari alam dan hasil pembudidayaan.

Pada umumnya jenis-jenis ikan konsumsi dari laut dilakukan dengan penangkapan langsung di laut, sementara hanya sedikit jenis ikan laut yang dilakukan dengan upaya pembudidayaan. Jenis-jenis Ikan Konsumsi diperolah dari penangkapan di laut dilakukan oleh nelayan dari mulai nelayan kecil yang mengandalkan jala lempar sampai kepada nelayan besar yang menggunakan peralatan modern.

Ikan Konsumsi dari perairan di darat biasanya disebut juga sebagai Ikan Air Tawar. Ikan Air Tawar sebagai ikan konsumsi diperoleh dengan menangkap dari alam atau ikan yang dibudidayakan.

Jenis-Jenis Ikan Konsumsi 

Sebenarnya ada banyak sekali ikan yang dapat di konsumsi yang dapat kita temukan di alam. Baik itu di air tawar maupun air laut. ikan konsumsi adalah jenis-jenis ikan yang lazim dikonsumsi oleh manusia sebagai sumber pangan. Ikan konsumsi dapat diperoleh salah satunya dari proses budidaya. 

Contoh ikan konsumsi yang sering dibudidayakan antara lain : lele, gurami, nila, mas, bawal dan patin. Ikanikan tersebut dapat dibedakan berdasarkan morfologinya. Pengenalan struktur ikan tidak terlepas dari morfologi ikan, yaitu bentuk tubuh ikan sebagai ciri-ciri yang mudah dilihat dan diingat. 

Manfaat Budidaya Ikan Konsumsi

  1. Bisa Menjadi sumber pendapatan, ini karena membudidayakan ikan konsumsi lebih mudah dibandikan dengan membudidayakan ikan hias.
  2. Bisa memenuhi kebutuhan akan gizi dari hasil budidaya ikan tersebut, salah satu sumber untuk memenuhi kebutuhan protein hewani
  3. Cara budidayakan lebih mudah dan permintaan akan kebutuhan ikan konsumsi semakin meningkat, itu bisa dilihat antara penghasil ikan lebih sedikit jika dibandingkan dengan permintaan.
  4. Hasil bisa maksimal karena panennya cenderung lebih cepat dan perawatannya juga lebih rumit jika dibandingkan dengan ikan hias yang butuh waktu lebih lama dan lebih rumit.

Dikutip dari : www.kolamania.com